Ujian CAT merupakan pintu gerbang menuju pekerjaan idaman sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sistem CAT ini mulai diterapkan di Indonesia sejak tes penerimaan CPNS tahun 2013. Tes ini dikenal dengan Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan 3 (tiga) sub tes yaitu tes wawasan kebangsaan (TWK), tes karakteristik pribadi (TK) dan tes intelejensi umum (TIU).

Total soal yang diujikan pada CAT CPNS adalah sebanyak 100 soal dengan waktu pengerjaan selama 90 menit (1,5 jam). Pada akhir ujian akan ditampilkan langsung hasil ujian CAT yang dikerjakan peserta, langsung bisa diketahui lulus passing grade atau gagal.

Sesulit apa sih soal CAT CPNS yang akan diujikan pada tes penerimaan CPNS? Pertanyaan ini mungkin muncul bagi anda yang baru akan melamar pada tes penerimaan CPNS. Bagi yang sudah pernah mengikuti tes CAT maka pertanyaan ini sudah bisa dijawab sendiri.

Pada prinsipnya dari segi materi tidak ada perbedaan soal antara sistem CAT dengan sistem lama (LJK). Yang membedakan hanya media soal dan lembar jawabannya. Sistem CAT CPNS ujiannya dilakukan di komputer yang disediakan panitia seleksi, tidak perlu lagi menggunakan pensil dan menghitami lembar jawaban, yang diperlukan hanya membaca soal dan memilih jawaban yang tampil di layar cukup dengan mengklik tombol jawaban.

Jadi secara umum ujian CAT CPNS tidak sulit, bahkan relatif lebih efisien dari segi pengerjaannya dibanding sistem LJK yang harus mengisi manual lembar jawaban.

Namun masalahnya, karena CAT adalah sistem baru maka banyak peserta yang “gagap” akan cara ini. Bisa saja peserta menguasai materi yang diujikan, namun karena tidak terbiasa/tidak pernah mengerjakan sistem ini bisa membawa akibat gagal nya dalam ujian. Disisi lain, ada peserta yang tidak terlalu menguasai materi soal yang diujikan namun bisa sukses dalam ujian karena sudah memahami dan mampu mengoperasikan sistem CAT.

Kesimpulannya, untuk sukses tes CAT CPNS maka peserta harus mampu menguasai materi soal yang diujikan sehingga bisa memilih jawaban soal yang paling benar (tidak asal jawab) dan juga harus mampu dan terbiasa mengoperasikan sistem CAT di komputer sehingga tidak gagap dengan peralatan yang digunakan.

Maka persiapan yang wajib diperlukan sebelum tes agar sukses tes CAT CPNS antara lain :

  • Mempelajari materi soal-soal CPNS dan memahami dasar teorinya dengan banyak membaca;
  • Mengikuti simulasi/ latihan praktek tes CAT CPNS sehingga memahami dan mampu mengoperasikan peralatan tes CAT CPNS.
  • Dan menguasai tips-tips mengerjakan soal agar lebih efektif, misalnya mengerjakan soal termudah lebih dahulu, tenang dan tidak gugup dengan konsentrasi penuh.
  • Untuk pengayaan, Anda bisa mengikuti latihan CAT CPNS di situs ini: www.latihancatcpns.com

Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi, khususnya bagi anda yang baru akan mengikuti tes penerimaan CPNS dengan sistem CAT..!

Latihan CAT Persiapan Tes CPNS 2017, Tersedia Kunci Jawaban dan Pembahasan, Gabung Sekarang, Klik Disini>>