Hingga hari ini, Jumat (3/10), tes CPNS dengan sistem computer assisted test (CAT)-Badan Kepegawaian Negara (BKN) masih belum menyentuh angka 500. Data BKN menyebutkan, skor tertinggi diraih peserta tes IPDN di Banten dengan nilai 413. Sementara skor terendah ada di Papua Barat dengan nilai 344.

Menurut Kabag Hubungan Media dan Pengaduan BKN, Herman, skor ini belum final karena masih banyak instansi yang belum dilaksanakan tes. Diharapkan, makin banyak peserta tes yang mendapatkan nilai di atas 400.

“Skor tinggi belum menjadi dasar lulus passing grade. Bisa lolos kalau tes wawasan kebangsaan, tes intelegensia umum, dan tes karakteristik pribadinya di atas standar. Kalau ada satu yang di bawah standar, meski skor totalnya tinggi tetap tidak bisa lolos,” beber Herman kepada media ini, Jumat (3/10).

Ditambahkannya, tidak semua instansi yang melaksanakan tes CAT di BKN pusat. Banyak yang melaksanakan di instansinya. Meski begitu soalnya tetap dari Panselnas, sedangkan aplikasi CAT-nya dari BKN.

“Tesnya bisa di mana saja, namun aplikasi CAT tetap berasal dari BKN dan materi tesnya dari Panselnas yang disusun oleh Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri,” tandasnya. (esy/jpnn)

Latihan CAT Persiapan Tes CPNS 2017, Tersedia Kunci Jawaban dan Pembahasan, Gabung Sekarang, Klik Disini>>