Pemerintah Kota (Pemko) Kotamobagu provinsi Sulawesi Utara akan menyiapkan anggaran untuk pembelian komputer yang akan dipakai pada saat perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahun 2014 ini. Hal tersebut merupakan konsekuensi penggunaan sistem Computer Assisted Test (CAT).

“Infomasi seleksi CPNS setelah pelaksanaan pemilihan umum. Jadi pemerintah daerah masih memiliki waktu untuk melakukan pengadaan komputer. Mudah-mudahan bisa masuk dalam APBD Perubahan tahun ini,” ujar Sekreris Daerah (Sekda) Kotamobagu Mustafa Limbalo, pekan lalu.

Dikatakanya, pemerintah pusat kembali membuka peluang bagi masyarakat untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil pada tahun 2014 ini. Namun seleksi CPNS kali ini berbeda dengan pelaksanaan seleksi tahun-tahun sebelumnya, yakni menggunakan sistem CAT.

“Pemerintah daerah harus siap dengan kebijakan pemerintah pusat. Karena itu kebijakan pemerintah pusat jadi kita harus wajib melaksanakannya,” Mustafa menambahkan.

Dia menjelasakan, keuntungan menggunakan sistem CAT dalam pelaksanaan tes seleksi CPNS diharapakan dapat menghasilkan yang murni, objektif, dan transparan. Meskipun sistem ini masih memiliki keterbatasan, misalnya satu komputer maksimal menguji lima orang per harinya.

Pada tahun ini, Pemko Kotamobagu telah mengusulkan formasi CPNS tahun 2014 ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN-RB) dan BKN, sebanyak 165 tenaga CPNS. [Sumber : Tio/idmanado.co]

Latihan CAT Persiapan Tes CPNS 2017, Tersedia Kunci Jawaban dan Pembahasan, Gabung Sekarang, Klik Disini>>