Tes penerimaan CPNS tahun 2014 akan berbeda dengan tahun-tahun yang lalu. Metode Computer Assisted Test (CAT) akan dipilih menggantikan sistem konvensional (LJK). Pada ujian penerimaan CPNS 2014 setidaknya diwajibkan Sistem CAT 2014 untuk Instansi Pusat dan Pemerintah Provinsi juga bagi pemerintah kabupaten dan kota yang sudah mendukung infrastruktur CAT CPNS.

Keputusan mewajibkan pemakaian sistem CAT dalam seleksi penerimaan CPNS 2014 tersebut seperti pengakuan Mesya Deputi SDM KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja, kemarin (12/4). Menurutnya sebenarnya metode CAT sudah mulai diujicoba tahun lalu kan. Alhamdulillah hasilnya luar biasa bagus, karena minim komplain dari pelamar. Bahkan pelamar puas dengan hasilnya karena mereka bisa langsung melihat hasil kerjanya.

Tahun ini seluruh instansi pusat dan 33 provinsi serta kota sudah kita wajibkan CAT karena infrastrukturnya sudah memadai. Sedangkan daerah kabupaten/kota sedang dibuat check list mana-mana yang minim infrastrukturnya. KemenPAN-RB bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Nantinya Kemendikbud akan memetakan wilayah mana yang sekolahnya punya laboratorium komputer. Dengan adanya lab komputer akan membantu pemda dalam pengadaan seleksi CPNS. Pemda tidak perlu lagi membeli komputer karena di sekolah sudah ada. Dengan demikian jika tiap kabupaten ada sekolahnya yang dilengkapi lab komputer, otomatis seluruh kabupaten juga harus melaksanakan CAT.

Rencanya, ujian penerimaan CPNS 2014 dengan metode CAT ini dijadwalkan akan dilaksanakan usai pilpres 2014. Saat ini masih dalam proses pengolahan formasi CPNS untuk seluruh instansi.

Latihan CAT Persiapan Tes CPNS 2017, Tersedia Kunci Jawaban dan Pembahasan, Gabung Sekarang, Klik Disini>>