Info CPNS Kemenkeu – Bagi anda yang berminat menjadi PNS di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sepertinya peluang masih terbuka lebar. Kementerian Keuangan masih membutuhkan banyak CPNS dan berharap bisa membuka lowongan CPNS termasuk pada penerimaan CPNS 2014 tahun ini.

Lowongan CPNS Kementerian Keuangan yang paling dibutuhkan terutama untuk mengisi formasi pada unit kerja Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kemenkeu. Tak tanggung-tanggung jumlah kebutuhan lowongan CPNS Kemenkeu saat ini mencapai 10 orang.

“Inginnya sih sekitar 9 ribu-10 ribu pegawai. Itu untuk Pajak dan Bea Cukai, tapi kan belum tahu juga berapa yang akan dikasih Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Karena mereka yang buat formasinya,” demikian ungkap Sekretaris Jenderal Kemenkeu, Kiagus Badaruddin seperti diberitakan Liputan 6 Minggu (1/6/2014).

“Kami masih perlu banyak pegawai, khususnya untuk pajak dan bea cukai karena harus meng-collect penerimaan negara. Jadi butuh pegawai yang banyak dan berkualitas baik,” tambah Kiagus.

Saat ini, dia menuturkan, Kemenpan RB belum menetapkan formasi untuk penambahan PNS. “Biasanya akan ditetapkan formasinya Juni-Juli. Antara penetapan dan rekrutmen akan memakan waktu paling tidak 3 bulan, jadi kami biasanya mengajukan kebutuhan di Oktober,” terangnya.

Dari data Kiagus, Kemenkeu saat ini mempunyai basis 64 ribu pegawai. Pegawai tersebut tersebar di 1.060 satuan kerja dari Sabang sampai Merauke. Serta empat unit kerja yang memiliki instansi vertikal di daerah.

“Lantaran punya satuan kerja dan unit kerja yang cukup banyak, jadi anggaran Kemenkeu sebagian besar tersedot untuk belanja pegawai,” ujar Kiagus.

Sekadar informasi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar mengatakan, pemerintah akan merekrut 100 ribu Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun ini.

Mereka nantinya akan ditempatkan di kabupaten atau kota dan provinsi yang mengusulkan dan membutuhkan tenaga CPNS.

Sementara mulai penerimaan CPNS 2014 sistem ujian LJK akan dihilangkan. Semua instansi yang membuka lowongan CPNS 2014 diwajibkan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dalam tes penerimaan CPNS. Di Kementerian keuangan sendiri metode CAT CPNS ini sudah diterapkan sejak penerimaan CPNS 2013 tahun lalu.

Latihan CAT Persiapan Tes CPNS 2017, Tersedia Kunci Jawaban dan Pembahasan, Gabung Sekarang, Klik Disini>>