Langkah reformasi birokrasi semakin nyata dilakukan pemerintah khususnya pada proses rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Proses perbaikan sistem penerimaan CPNS semakin membaik, semakin mendekatkan dengan asas kejujuran dan transparansi sekaligus efisiensi.

Seperti yang akan berlaku pada penerimaan CPNS 2018 yang rencananya akan segera dibuka nantinya akan diambil langkah baru yang belum dilakukan tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut terungkap saat Rapat KoordinasiNasional (Rakornas Kepegawaian 2018) yangber langsung pada Rabu,(11/07/2018) di Gedung Indonesia Convention Exhibition (ICEBSD) Tangerang.

Dijabarkan oleh Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka BKN) Iwan Hermanto setidaknya ada 2 (dua) point penting yang akan dilakukan pada penerimaan CPNS 2018 yang berbeda dengan sistem penerimaan CPNS sebelumnya yaitu pada saat proses pendaftaran CPNS 2018 yang terintegrasi di portal https://sscn.bkn.go.id dan proses seleksi penerimaan CPNS Tes Kompetensi Bidang (TKB) terintegrasi di CAT BKN.

“Berbeda dengan proses seleksi sebelumnya, mulai tahun ini seluruh pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang(SKB) hanya akan dilakukan melalui seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT BKN) yang akan diselenggarakan BKN selaku Pelaksana Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Dengan perubahan mekanisme ini seluruh proses seleksi CPNS dipastikan sesuai ekspektasi publik. Selain perubahan dari proses seleksi, pendaftaran CPNS akan dilakukan terintegrasi melalui portal nasional via http://sscn.bkn.go.id dan tidak ada pendaftaran melalui portal mandiri oleh instansi. Dengan perubahan mekanisme ini, alur pendaftaran CPNS akan lebih singkat sehingga memudahkan pelamar dalam pendaftaran satu pintu”
Demikian Siaran Pers BKN Nomor: 014/RILIS/BKN/VII/2018 seperti dimuat di bkn.go.id